Apa Aja Ada

Peluang Usaha Agen Tiket Bus AKAP dan Analisa Bisnis

<span class=Peluang Usaha Agen Tiket Bus AKAP dan Analisa Bisnis" loading="lazy" />

Sebarkan artikel ini

Bus AKAP menjadi alat transportasi publik yang semakin banyak diminati bahkan selama pandemi. Menjadi agen tiket bus AKAP juga semakin mudah sebagai bisnis yang menguntungkan. Cek disini analisa bisnisnya.

Bus AKAP keberadaannya banyak dilirik masyarakat untuk mobilitas antar kota antar provinsi. Bus AKAP mempunyai banyak keuntungan yang tidak diperoleh di kereta api bahkan juga pesawat.

Selain faktor harga yang murah, bus AKAP juga punya jadwal yang tetap menjangkau kota-kota di Jawa dan Sumatra yang tidak dilewati kereta api bahkan adanya bandara. Terlebih adanya tol Trans Jawa membuat mobilitas msyarakat menggunakan bus AKAP semakin mudah dan efektif dari sisi waktu tempuh.

Pergeseran dari kereta ke bus AKAP membuat para operator atau perusahaan otobus AKAP berlomba-lomba memberikan pelayanan bagi para penumpang bus AKAP. Berbagai jenis bus AKAP terbaru dengan fasilitas yang diberikan demi kenyamanan penumpang.

Jenis bus AKAP pun bermacam-macam, seperti double decker, sleeper bus atau suite class, bus super executive, dll dengan menggunakan sasis premium yang memanjakan penumpang.

Baca juga: Naik Bus AKAP, Apa Enaknya Sih? Inilah 7 Alasan dan Kelebihan Naik Bus AKAP

Di masa pandemi pun naik bus AKAP tidak seribet bila naik kereta api atau pesawat untuk perjalanan di Jawa. Naik bus AKAP cukup menggunakan vaksin dua dosis saja dengan syarat menjaga protokol kesehatan selama di dalam bus menggunakan masker.

Dengan semakin banyaknya penumpang bus AKAP membuat bisnis agen tiket bus AKAP menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Menjadi agen tiket bus AKAP pun bisa dijalankan dari rumah, lho. Cukup daftar Fastpay kamu bisa menjadi agen tiket bus AKAP dengan keuntungan dari komisi penjualan hingga 20% dari harga tiket.

Cara Menjadi Agen Tiket Bus AKAP

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil peluang usaha agen tiket bus AKAP ini penting agar kamu sukses menjalaninya. Pastikan pula bahwa daerah kamu termasuk dilewati bus AKAP.

1. Pilih Provider Terbaik

Saat ini, pastinya kamu banyak menemui bus AKAP dengan berbagai armada bukan? Bila kamu harus mendaftar menjadi agen bus AKAP satu-persatu tentunya akan memakan waktu dan semua memiliki sistem masing-masing.

Kabar gembira, kini dengan mudah kamu bisa menjadi agen tiket bus AKAP hanya dengan mendaftar Fastpay. Kamu bisa melayani pembelian dari berbagai provider bus AKAP, seperti Sinar Jaya, DAMRI, Haryanto, Pahala Kencana, Agramas, Handoyo, Safari Dharma Raya, Gunung Harta, Lorena, dll dengan berbagai tujuan.

Jadi dengan menggunakan Fastpay, tidak perlu repot harus mendaftar di masing-masing provider bus.

2. Mudah Operasionalnya

Aplikasi Fastpay untuk transaksi tiket bus AKAP sangat mudah digunakan. Kamu cukup tahu lokasi titik naik dan titik turun ditempat tujuan. Hal ini juga penting bagi calon penumpang. Berikan informasi kepada penumpang dia naik dari mana, misalkan terminal, pool atau agen seperti yang tertera disistem atau etiket.

3. Tarif Murah

Harga jual tiket bus AKAP di Fastpay sudah termurah bahkan dibawah agen-agen offline, karena Fastpay telah bekerjasama dengan provider resmi tiket bus AKAP di Indonesia.

Selain mendapatkan cashback dari transaksi tiket bus AKAP, kamu juga bisa mengambil margin atau menaikkan harga yang wajar untuk tiap penjualan tiket bus AKAP. Margin wajar dapat berkisar Rp10.000-Rp15.000 agar tidak terlalu mahal disisi pembeli.

Dengan menaikkan harga yang wajar, kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan tiket bus AKAP di Fastpay.

4. Menyiapkan Tempat yang Representatif

Agar penjualan tiket bus AKAP kamu mudah dikenali sebagai agen tiket bus, siapkan tempat yang representatif untuk melayani pembeli tiket. Tidak perlu besar atau mewah, karena pada umumnya tempat penjualan tiket tersebut hanya membutuhkan ruangan kecil untuk peralatan dan juga kursi untuk pembeli. Lebih baik lagi jika letaknya strategis, misalkan kamu punya rumah atau tempat jualan tiket bus di dekat jalan raya atau dekat terminal.

5. Lakukan Promosi

Agar usaha agen tiket bus kamu dikenali, jangan upa untuk pasang papan nama atau spanduk agen tiket bus agar dikenali masyarakat sekitar. Setiap pelanggan yang datang ke agen tiket kamu, baik pelanggan tetap atau tidak, mintalah nomor HP mereka dan meminta ijin untuk disimpan dan diberikan info promo-promo mendatang menggunakan WhatsApp atau komunikasi yang lain.

Analisa Bisnis Usaha Agen Tiket Bus

Untuk memulai bisnis agen tiket bus AKAP, perlu dipersiapkan hal-hal berikut sebagai analisa bisnis.

1. Modal

Anggap saja kamu sudah mempunyai tempat untuk dijadikan kantor atau tempat sebagai agen tiket bus. Maka perhitungan modal awal bisa jadi seperti berikut!

  • 1 set komputer + printer: Rp3.500.000
  • Alat tulis + buku: Rp200.000
  • Meja dan kursi + etalase: Rp1.500.000
  • Biaya daftar Fastpay: Rp380.000 (www.fastpay.co.id)

Total investasi awal mencapai Rp5.580.000

2. Biaya Operasional

Biaya operasional untuk penjualan tiket bus AKAP ini tidak menghitung gaji karyawan karena kamu sendiri yang menjual.

Biaya listrik: Rp110.000
Tinta + kertas: Rp250.000
Telepon/pulsa: Rp100.000
Biaya internet: Rp200.000

Total pengeluaran operasional per bulan Rp660.000

3. Keuntungan per Bulan

Estimasi keuntungan yang didapat pastinya bervariasi, karena semua tergantung dari tujuan penumpang atau nilai pembelian tiket. Anggap saja dalam sehari kamu mampu menjual 20 tiket dengan harga rata-rata Rp200.000 rupiah. Dari hasil tersebut kamu mendapat 2% dari total nilai tiket terjual.

2% x 20 x 200.000 = Rp80.000 sehari
Rp80.000 x 30 = Rp2.400.000 sebulan

Kamu juga bisa mengambil keuntungan dari marjin harga jual yang ada di aplikasi sehingga keuntungan yang didapat lebih besar. Berikan harga yang wajar agar tidak terkesan mahal.

Dari rata-rata pendapatan Rp2.400.000 sebulan dikurangi biaya operasional bulanan Rp660.000, keuntungan bersih yang didapat dari hanya bisnis agen tiket bus AKAP mencapai Rp1.740.000

Dengan mendaftar Fastpay, kamu tidak hanya melayani penjualan tiket bus AKAP saja, tapi juga melayani penjualan tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI, pembayaran tagihan, pulsa internet, dll. Masing-masing punya komisi yang berbeda-beda sehingga bisa menambah penghasilan kamu.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Agen Tiket Bus AKAP Menguntungkan di Fastpay

Itulah pembahasan mengenai peluang usaha agen tiket bus beserta hitungan modal dan juga keuntungan setiap bulannya. Semoga bisa membantu untuk melakukan kalkulasi sederhana sebelum memulai bisnis tiket bus AKAP.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Transaksi PPOB Fastpay bisa menggunakan aplikasi Fastpay, desktop, website dan EDC Fastpay.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

 

 

|| Cari Artikel

|| Artikel Terbaru
|| Download Aplikasi Fastpay Mobile

|| Wajib Tahu

|| Info Kereta Api,
Maskapai, Bus AKAP,
PELNI

|| Keyword Pilihan

Baca Artikel Menarik Lainnya

Sebarkan artikel ini

Contents1 Data dan Fakta2 Baca Juga :3 Langganan Netflix Tanpa Kartu Kredit4 Cara Membeli Voucher Netflix di Fastpay5 Cara Aktifkan Netflix Gift Card6 Peluang…

Sebarkan artikel ini

Contents0.1 Aktivitas yang Syaratkan PeduliLindungi1 Arti Warna Aplikasi PeduliLindungi Terbaru1.1 1. Hijau1.2 2. Kuning1.3 3. Merah1.4 4. Hitam1.5 Baca Juga :1.6 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi?1.7…