Apa Aja Ada

Cara Penulisan Alamat Paket yang Benar Sesuai Format KBBI

<span class=Cara Penulisan Alamat Paket yang Benar Sesuai Format KBBI" loading="lazy" />

Sebarkan artikel ini

  • Para pelaku bisnis online atau penjual online harus memperhatikan penulisan paket dengan benar.
  • Agar paket sampai tujuan sesuai perkiraan waktu, penulisan alamat paket sesuai standar perlu dilakukan.
  • Berikut tips dari Fastpay untuk pengiriman paket agar sampai tujuan dengan cepat.

Sering mengirimkan paket untuk keluarga atau teman di luar daerah? Atau kamu pelaku bisnis online yang menjual barang melalui marketplace atau toko online pribadi?

Atau kamu menerima layanan pengiriman barang melalui SiCepat Point Fastpay? Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan hal-hal yang harus dilakukan sebelum mengirim paket.

Jika kamu asal mengirimkan paket, besar kemungkinan paket tersebut tidak akan sampai ke lokasi. Kalaupun sampai, waktunya bisa lebih lama daripada estimasi sebelumnya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar paket kiriman sampai ke penerima.

Pengiriman barang dan dokumen bisa dilakukan di Loket Toko Modern Fastpay terdekat yang telah menjadi Agen SiCepat Point resmi Fastpay. Dijamin kiriman barang cepat sampai dan harga terjangkau.

Baca: Daftar Menjadi Agen SiCepat Point Resmi di Fastpay

Cara Menulis Alamat Paket Sesuai KBBI

Agar paket kiriman sampai tujuan sesuai perkiraan waktu, penulisan alamat paket sesuai standar perlu kamu lakukan. Tujuannya agar kurir ekspedisi bisa mengantar dengan mudah serta meminimalisir kemungkinan paket nyasar ke tempat lain.

Selain itu yang terpenting juga label alamat pengiriman dibuat/ditulis serapi mungkin agar pihak ekspedisi dan kurir yang mengantarkan barang mudah dalam membaca alamat yang tertera dilabel alamat. Salah satu cara agar label alamat rapi adalah dengan diprint/cetak.

Berikut ini adalah cara menulis alamat paket sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Format Penulisan Alamat Tujuan
Agar mudah dibaca oleh ekspedisi dan kurir, penulisan label alamat tujuan dibuat serapi dan sejelas mungkin. Dapat ditulis tangan dengan huruf balok atau dicetak/print. Ukuran label alamat juga cukup dan jelas untuk dibaca tulisannya.

Format penulisan alamat paket yang sesuai dengan KBBI

  1. Nama (diisi nama orang yang dituju, bisa berupa perorangan atau lembaga).
  2. Alamat Tujuan (ditulis dengan lengkap).
  3. Nomor Telepon (dapat diganti dengan nomor handphone yang aktif).

Tujuan dicantumkannya nomor telepon adalah agar bisa dihubungi ketika kurir tidak bertemu langsung dengan orang yang dituju. Selain itu, kurir paket akan memberitahukan keterlambatan paket atau masalah lain pada pengiriman pada nomor tersebut.

Penulisan alamat tujuan secara lengkap dan contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Nama jalan
  2. Perumahan atau nama tempat (bila ada)
  3. Keterangan RT dan RW
  4. Nama kelurahan atau desa
  5. Nama kecamatan
  6. Nama kota atau kabupaten
  7. Nama provinsi
  8. Kode pos
  9. Negara (jika diperlukan untuk pengiriman paket antar negara)

Contoh penerapan format label alamat pada paket yang akan dikirimkan
Contoh 1
Nama Penerima: Wahyu Chandra
Alamat: Jalan Mangga Besar III No. 17, RT 06 RW 07, Kelurahan Bedali, Kecamatan Lawang, Kab. Malang, Jawa Timur, 60256
HP: 081800100700

Contoh 2
Kepada: Richard K
Alamat: Perumahan Bumi Permai, Jalan Bengawan Solo 17, RT 09 RW 03, Kelurahan Kaliurang, Kecamatan Kebahagiaan, Kota Malang, Jawa Timur, 224352
Nomor Telepon: 081802803423

Contoh 3
Nama Penerima: Juwita
Alamat: Apartemen Mansion City Lantai 7 No. 32, Jalan Rumput Hijau Kav. 18, Matraman, Jakarta Timur, 13120
HP: 085644421234

Contoh label alamat yang dicetak bisa berukuran 12cm x 7cm yang bisa ditempel pada paket.

Format Penulisan Alamat Pengirim
Jangan lupa sertakan identitas pengirim dengan jelas pada paket. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi paket yang tidak sampai ke alamat penerima. Misalnya penerima sudah pindah alamat, paket akan dikembalikan pada pengirim. Kamu perlu mencatumkan data yang lengkap. Adapun format yang bisa kamu gunakan adalah:

Nama Pengirim: Kuni Amarini
Alamat: Perumahan Elite, Jalan Vena Jati 20, RT 08 RW 10, Kelurahan Umbulrejo, Kecamatan Bumilaras, Kota Malang, Jawa Timur, 342432
HP: 08876371927

Cara Penulisan Alamat Paket di Surat
Ketika mengirimkan dokumen, perhatikan tata cara penulisan alamat pada paket dokumen. Kamu bisa menggunakan amplop coklat besar berukuran 25cm x 19cm bila berbentuk dokumen kertas atau amplop putih panjang berukuran 23cm x 11cm untuk surat-menyurat.

Pada bagian luar amplop, pastikan terdapat sisi kosong yang bisa ditulis. Pada amplop coklat besar, alamat pengirim bisa ditulis pada bagian kiri atas, sedangkan alamat penerima ada di bagian kanan bawah. Jika khawatir tulisan penerima dan pengirim tidak bisa terlihat jelas, kamu bisa menuliskannya pada kertas putih terlebih dahulu. Selanjutnya, tempelkan kertas tersebut pada bagian amplop.

Cara Penulisan Alamat Paket di Kardus atau Kotak
Menulis alamat tujuan dan pengirim di paket berukuran besar bisa dilakukan dengan memasukkannya dalam kotak atau kardus. Tujuannya agar isi paket bisa lebih rapi. Namun perhatikan pula ukuran kotak atau kardus untuk packing karena bisa kena volume.

Seller online shop biasanya juga melakukan packing barang menggunakan plastik warna hitam atau kertas coklat. Usahakan serapi mungkin dengan label alamat yang jelas pula. Kurir pun akan lebih mudah mengantarkan barang yang sudah tersusun.

Untuk tulisan alamat pengiriman di kardus atau kotak usahakan mudah dibaca dan jelas oleh kurir.

Tuliskan atau cetak/print alamat pengirim dan penerima pada selembar kertas, kemudian tempelkan pada bagian atas kardus. Jangan lupa menambahkan selotip bening agar kertas tidak sobek ketika bergesekan dengan benda lain. Jika hujan atau terkena air pun data alamat tujuan akan tetap terbaca. Hindari menulis nama paket di kardusnya secara langsung, terlebih jika kardus tersebut bermotif.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirimkan Paket

1. Membungkus barang dengan rapi
Hal yang wajib dilakukan pengirim paket adalah membungkus barang dengan rapi. Bisa menggunakan kardus, kotak, plastik warna (jangan gunakan plastik kresek ya, agar paketan kamu juga mempunyai nilai lebih oleh pelanggan kamu). Jika paket isinya adalah benda cair atau rawan bocorbisa kamu tambahkan buble wrap atau selotip agar kebocoran tidak terjadi. Kamu juga dapat membungkusnya dengan plastik di bagian pertama. Langkah antisipasi ini penting agar isi paket lainnya tetap aman dan tidak terkena kebocoan atau pecah.

Jika barang yang kamu kirimkan mudah pecah, gunakan kain atau busa yang tidak terpakai untuk melindunginya, berikan label khusus dipaket dengan kata-kata “Awas Barang Pecah”, “Jangan Dibanting”, “Mudah Pecah”, dll yang menginformasikan bahwa barang kamu mudah pecah.

Selain itu, dikhawatirkan saat di ekspedisi nanti, barang akan terlempar atau terjatuh bahkan tertindih oleh paket lain yang lebih berat. Katakan pada pihak ekspedisi bahwa barang yang kamu kirimkan adalah barang pecah belah. Nantinya paket tersebut akan diberi tanda khusus untuk memudahkan pengiriman sekaligus membedakannya dari paket lain.

2. Pastikan penulisan alamat dengan benar
Tuliskan alamat pengiriman dengan benar dan jelas, sangat penting untuk memastikan tujuan alamat pengirim agar paket bisa sampai di tempatnya. Untuk memastikan alamat pengiriman bisa menanyakan kepada penerima atau pelanggan.

3. Pilihan ekspedisi dan cek harga
Pemilihan ekspedisi sangat penting untuk mendapatkan kepastian berapa lama barang sampai tempat tujuan juga harga. Memilih jenis ekspedisi tidak boleh dianggap remeh dan sudah tersedia banyak jenis pilihan ekspedisi, kamu tetap perlu selektif.

Ada jasa pengiriman yang menyediakan fasilitas kilat (1-2 hari) barang bisa sampai atau bahkan same day service atau beberapa jam saja bisa sampai meskipun diluar kota bahkan pulau. Tentu jasa kilat ini sangat membantumu untuk mengirim paket yang sifatnya mendesak. Meksi demikian kamu perlu membayar lebih mahal.

Pemilihan ekspedisi kamu bisa gunakan Loket Toko Modern Fastpay yang telah menjadi Agen SiCepat Point resmi sehingga lebih mudah.

Baca: Bisnis Ekspedisi SiCepat Point Tanpa Modal Pasti Untung di Tengah Pandemi

Nah semoga tulisan di atas bisa membantu kamu untuk mengirimkan paket dengan benar dan jelas agar kurir mudah dalam pengiriman. Terapkan cara menulis alamat paket dengan benar setiap kali akan melakukan pengiriman.

__________
Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan digital orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah; layanan pengiriman ekspedisi untuk dokumen dan barang domestik; layanan top up saldo e-money lengkap; layanan pembelian tiket transportasi pesawat, kereta, kapal PELNI dan bus AKAP; layanan pembayaran tagihan terlengkap; layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game terlengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

|| Cari Artikel

|| Artikel Terbaru
|| Download Aplikasi Fastpay Mobile

|| Wajib Tahu

|| Info Kereta Api,
Maskapai, Bus AKAP,
PELNI

|| Keyword Pilihan

Baca Artikel Menarik Lainnya

Sebarkan artikel ini

Contents1 Data dan Fakta2 Baca Juga :3 Langganan Netflix Tanpa Kartu Kredit4 Cara Membeli Voucher Netflix di Fastpay5 Cara Aktifkan Netflix Gift Card6 Peluang…

Sebarkan artikel ini

Contents0.1 Aktivitas yang Syaratkan PeduliLindungi1 Arti Warna Aplikasi PeduliLindungi Terbaru1.1 1. Hijau1.2 2. Kuning1.3 3. Merah1.4 4. Hitam1.5 Baca Juga :1.6 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi?1.7…